Minggu, 28 Agustus 2016

Menulis Artikel Berita Susah? Cobalah Beberapa Tips Ini

Menulis Artikel Berita Susah? Cobalah Beberapa Tips Ini

Hari ini di berbagai perusahaan jasa penyedia konten tulisan sedang marak permintaan untuk penulisan berita atau laporan dari sebuah agenda,kegiatan atau kejadian. Memang tema seperti ini tidak bisa kita samakan dengan tema deskriptif lainya seperti harga baju di pasaran, atau fungsi gadget tertentu. Artikel berita mengisyaratkan laporan yang komprehensif, mendetail dan disediakan dari berbagai sudut pandang yang relevan dengan kejadian tersebut. Bingung memutuskan tema dalam tulisan? berikut tips yang bagus untuk anda memang tingkat kesulitan dari menulis artikel berita ini cukup tinggi dan oleh karenanya perlu usaha ekstra untuk menulis artikel jenis ini.


Tetapi jangan khawatir karena hari ini segalanya sudah ada di dunia internet. Anda tentunya bisa menemukan berbagai tips yang relevan untuk tujuan penulisan artikel berita di internet. Artikel berita memang agak berbeda dengan artikel lainya karena didalam berita, anda harus menemukan sebuah kesimpulan yang tepat dimana anda tidak perlu melakukan hal tersebut di dalam tulisan deskriptif atau informative lainta. Berikut adalah berbagai tips untuk anda yang sedang kesulitan menulis konten berita untuk klien anda.

1. Gunakan 5W 1H
Jasa penulis artikel biasanya menggunakan konsep ini yaitu sebuah konsep dasar yang bisa anda gunakan kapanpun anda ingin menulis artikel berita dengan tema apapun. Hal ini dikarenakan konsep ini akan memberikan anda landasan berpikir yang cukup kuat untuk tema anda sehingga anda bisa memulai tulisan anda dengan benar. Jika memang anda masih belum mengerti secara umum bagaimana untuk menggunakan konsep ini, maka anda bisa bagi artikel anda dalam beberapa paragraph dimana masing-masing paragraph tersebut menjawab pertanyaan 5W 1H. memang kurang natural, tetapi hal tersebut cukup baik untuk awalan anda.

2. Perbanyak riset
Artikel berita mengharuskan anda untuk riset, karena pastinya anda tidak akan mampu untuk menemukan konten berita yang tepat tanpa riset. Semisal jika anda sedang menulis konten tenang Asian games, maka anda harus benar-benar mengetahui seluk beluk dari Asian games, dan segala hal yang nantinya akan mendukung anda untuk mengumpulkan informasi untuk artikel anda. anda juga harus selalu mencocokan data yang anda dapatkan sehingga artikel yang anda buat bisa akurat dan bisa menjadi sumber rujukan bagi orang lain.

3. Perbanyak membaca teks berita
Tidak ada yang lebih efektif daripada memperbanyak membaca teks berita untuk mengetahui seluk beluk kaidah penulisan berita yang tepat. Ada berbagai website yang anda bisa akses seperti kompas, republika, okezone dan lainya untuk membaca berita disana. Ada beberapa kaidah yang harus anda ketahui seperti pemilihan diksi kata, pemilihan sudut pandang, pemilihan ide utama dan penentuan kesimpulan. Berbagai hal tersebut harus anda ketahui untuk mempertajam artikel berita anda.

4. Pilih sudut pandang yang paling mudah
Memang sebagai penulis konten, tentunya kita bukanlah reporter professional yang sudah menerima berbagia pelatihan untuk reportase berita. Dan oleh karenanya ada baiknya kita sebagai penulis pemula untuk memilih sudut pandang yang paling mudah, dalam kasus ini mungkin adalah pemerintah, panitia acara, atau lainya dimana kita bisa mendapatkan datanya secara mudah dan sederhana. Jika kita ingin menantang diri kita untuk menulis berita yang lebih tajam, pastikan anda sudah mengantongi berbagai data yang relevan untuk artikel anda sehingga berita yang anda produksi bisa bagus dan berkualitas.

Menulis berita memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, tetapi jika kita terus berlatih maka kita pasti bisa untuk meningkatkan kualitas tulisan berita kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar