Minggu, 28 Agustus 2016

Ingin Menjadi Pengarang Novel? Berikut Tipsnya

Ingin Menjadi Pengarang Novel? Berikut Tipsnya

Siapa yang tidak suka baca novel hari ini? novel adalah sebuah tulisan fiksi yang cukup panjang yang akan membuat pembacanya tenggelam dalam nuansa epic yang dihasilkan oleh novel tersebut. Ada beberapa novel legendaris seperti trilogy lord of the ring, harry potter, eragon, dan lainya yang sudah sangat terkenal dan bahkan sudah memiliki film mereka sendiri . novelis juga tentunya pekerjaan dengan bayaran yang cukup tinggi dimana JK rowling sebagai pengarang harry potter dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di inggris. Jika anda ingin menjadi seorang novelis, maka pastikan anda sudah mengetahui berbagai tipsnya.


Menjadi seorang novelis memag tidak mudah, bahkan bisa jadi jauh lebih sulit dibanding dengan penulis buku ilmiah atau sejarah karena memang penulis novel sangat bergantung kepada imajinasi dan juga kepekaan penulis terhadap novel yang ia buat. Menulis artikel berita susah? cobalah beberapa tips ini ada banyak sekali factor yang menentukan apakah sebuah novel bisa menjadi best seller atau tidak, dan oleh karenanya anda harus benar- bena memahami apa saja yang dibutuhkan sebuah novel untuk bisa popular. Untuk awalan, berikut adalah berbagai tips saat anda ingin memulai karir anda sebagai novelis.

1. Tentukan genre
Tolkien dan rowling sangat ahli dalam genre fiksi, dimana raditya dika sangat ahli dalam bidang romance atau humor. Ketiga figure tersebut sudah menentukan genre apa yang akan mereka buat untuk novel mereka, dan oleh karenanya jika anda ingin memulai karir anda sebagai seorang novelis, maka pastikan genre yang ingin anda buat. Anda tidak bisa merubah-rubah genre yang anda hasilkan karena itu akan membuat anda tidak focus dalam pekerjaan anda. untuk mengetahui genre apa yang paling tepat untuk anda, buatlah beberapa cerita pendek dengan berbagai genre dan mintalah teman anda untuk menilai tulisan anda. Tanya mereka dari semua genre tersebut, maka yang paling dia sukai.

2. Buat kerangka pemikiran
Ketika anda sudah selesai menentukan genre dari tulisan anda, selanjutnya tugas anda adalah membuat kerangka pemikiran. Kerangka pemikiran ini sama seperti dengan kerangka pemikira penelitian dimanapun, dimana anda harus menentukan karakter utama, plot cerita, naik turunya ritme cerita, hingga ending. Bagian ini adalah bagian yang sangat sulit dimana anda harus benar- benar bergantung kepada alam pemikiran dan daya imajinasi anda. buatlah sketsa sebanyak mungkin untuk novel anda dan langsung kerjakan sebuah sketsa ketika anda yakin bahwa sketsa tersebut adalah sketsa yang paling pas untuk anda.

3. Perbanyak membaca novel
Hal ini bukanlah ditujukan agar anda bisa mengimitasi novel yang anda baca, tetapi hal ini penting agar anda mengetahui pola umum dalam penulisan novel fiksi. Semakin banyak novel yang anda baca akan semakin bagus karena anda bisa menemukan banyak sekali inspirasi yang mungkin berguna untuk pembuatan novel anda.

4. Cari ilmu sebanyak-banyaknya.
Hari ini berbagai ilmu terkait dunia penulisan sudah banyak sekali di Indonesia, seperti kelas menulis, berbagai youtube mengenai tips menulis dan sebagainya. Jika anda benar-benar serius akan karir anda sebagai seorang penulis, maka anda perlu untuk menginvenstasikan waktu anda untuk mempertajam skill tulisan anda. jangan bosan dalam mencari ilmu karena semakin banyak pelatihan yang anda ikuti maka semakin bagus nantinya hasil tulisan anda.

Pada akhirnya, menulis adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan karena anda bisa mencurahkan imajinasi anda didalam tulisan anda. sering-seringlah berlatih dan jangan pernah berhenti maka anda akan menjadi seorang penulis yang handal di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar